MEDIA SOSIAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP MANUSIA
A. Media
Sosial
Media sosial adalah sebuah media
online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan
menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa
media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media
sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi
dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet
yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang
memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Jejaring sosial merupakan situs
dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan
teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar
antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan
media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media
sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi
kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi
informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile
phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk
mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan
saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa
mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus
informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia.
Karena kecepatannya media sosial
juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam
menyebarkan berita-berita.
Pesatnya perkembangan media sosial
kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk
memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal
yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang
pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan
internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat
mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media
dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar,
video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
B. Macam
macam media social
Sekarang ini jejaring sosial banyak
yang berkembang, diantaranya yaitu :
1.
Facebook
Jejaring sosial ini memiliki 1 miliar pengguna. Terbesar di jagad raya ini untuk urusan pengguna. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini.untuk mengunjunginya www.facebook.com
Jejaring sosial ini memiliki 1 miliar pengguna. Terbesar di jagad raya ini untuk urusan pengguna. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini.untuk mengunjunginya www.facebook.com
2.
Twitter
Microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile. untuk mengunjunginya www.twitter.com
Microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile. untuk mengunjunginya www.twitter.com
3.
Google+
Google pun tergiur ikut terjun di jejaring sosial. Kini media sosial ini memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya.
Google pun tergiur ikut terjun di jejaring sosial. Kini media sosial ini memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur Hangout-nya.
4.
Weibo
Weibo atau Sina Weibo didirikan Agustus 2009. Saat ini memiliki 300 juta pengguna. Weibo sering disebut sebagai Twitter-nya China
Weibo atau Sina Weibo didirikan Agustus 2009. Saat ini memiliki 300 juta pengguna. Weibo sering disebut sebagai Twitter-nya China
5.
RenRen
Jika AS miliki Twitter, China miliki Sina Weibo. Di China juga memiliki Facebook sendiri, yakni RenRen. Didirikan Desember 2005, RenRen kini miliki 250 juta pengguna.
Jika AS miliki Twitter, China miliki Sina Weibo. Di China juga memiliki Facebook sendiri, yakni RenRen. Didirikan Desember 2005, RenRen kini miliki 250 juta pengguna.
6.
LinkedIn linkedin.com
Jejaring sosial ini dikenal sebagai jejaring sosial pekerja
profesional. Menghubungkan antar profesional maupun dengan brand atau
perusahaan. Kini miliki 175 juta pengguna.
7.
Badoo
Didirikan tahun 2006, Badoo kini miliki 100 juta pengguna. Jejaring sosial ini sering disebut sebagai social discovery website.
Didirikan tahun 2006, Badoo kini miliki 100 juta pengguna. Jejaring sosial ini sering disebut sebagai social discovery website.
8.
Instagram instagram.com
Jejaring sosial ini memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar.
Tak hanya sebuah jejaring sosial, Instagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar.
Saat ini miliki 100 juta pengguna.
9.
Yelp
Yelp sering disebut jejaring sosial berbasis lokasi. Pengguna tak jarang mendapatkan rekomendasi lokasi dari jejaring sosial ini. Saat ini miliki 84 juta pengguna.
Yelp sering disebut jejaring sosial berbasis lokasi. Pengguna tak jarang mendapatkan rekomendasi lokasi dari jejaring sosial ini. Saat ini miliki 84 juta pengguna.
10.
Tumblr
Jejaring sosial ini masuk ke ranah blog. Tak kalah bersaing dengan platform blog lain macam WordPress maupun Blogger. Saat ini miliki 81 juta pengguna.
Jejaring sosial ini masuk ke ranah blog. Tak kalah bersaing dengan platform blog lain macam WordPress maupun Blogger. Saat ini miliki 81 juta pengguna.
C. Peranan
dan fungsi Media social
Media
sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh
siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi
bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan
merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media
sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat
bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan
iklan TV, brosur dan selebaran.
Media
sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
1.
Kesederhanaan
Dalam
sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan
keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah
digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang
dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.
2.
Membangun
Hubungan
Sosial
media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan
pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback
langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak
dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media
tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
3.
Jangkauan
Global
Media
tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya
sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat
mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis.
Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap
segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih
banyak pengguna.
4.
Terukur
Dengan
sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan
langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media
konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.
D. Dampak
media social terhadap manusia
Dampak
Positif dari jejaring penggunaan jejaring social bagi manusia adalah (1) Memudahkan kita membentuk
jaringan sosial, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai pada teman baru,
(2) Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lain baik
secara real time ataupun offline.(3) Dapat diakui bagi seorang
seorang pemula dan remaja media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam
mengenal dan mengawali dunia internet. (4) Bisa dimanfaatkan untuk media
promosi/iklan dan pemberitahuan secara up-to-date. dan manfaat hiburan
lainnya seperti komunitas, kuis, game dll yang bisa menambah pengetahuan kita
tentang teknologi maupun hal umum. (5)Memperluas jaringan pertemanan, dengan
situs jejaring sosial bisa mendapat teman-teman baru, namun ada juga yang
sepertinya kurang bermaksud baik. (6)Mempererat tali silaturahmi, dengan situs
jejaring sosial bertemu kawan-kawan lama dan akhirnya komunikasi dapat
berlanjut hingga sekarang, sampai-sampai bisa mengadakan reuni kecil-kecilan. (7)
Cepat mendapatkan informasi terkini tentang teman kita. (8) Media refreshing,
member selalu bisa menjadi lebih rilex ketika membuka situs jejaring sosial.
(9) Meningkatkan angka penjualan, bagi yang memiliki bisnis atau usaha situs
jejaring sosial merupakan media promosi yang gratis dan sangat efektif bagi
usaha. (10) Dalam situs jejaring sosial banyak terdapat kuis yang bermanfaat
untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa sih kita sebenarnya. Namun, kita
juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam situs jejaring
sosial mengandung unsur – unsur ramalan. (11) Sarana diskusi, di situs jejaring
sosial kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup. (12) Situs jejaring
sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati,
misalnya memberi perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari
foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak
dapat bertemu secara fisik.
(13) Media pertukaran data : dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www
(world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh
dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Selain itu penggunaang Media social
juga menimbulkan Dampak Negatif yaitu
(1) Menimbulkan ketergantungan. (2) Dengan fasilitas yang beragam yang
disediakan media tersebut, secara tidak langsung kita dituntut untuk meluangkan
waktu bahkan terkadang secara tidak sadar menghabiskan banyak waktu dengan
menjadikannya prioritas utama. (3)Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih
mendoninasi daripada dunia nyata. (4)Dengan menggap kebebasan berpendapat dan
berekpresi dalam Media sosial, menjadikannya media tersebut seperti privasi
padahal apa yang kita informasikan bisa dilihat oleh orang lain maupun orang
yang telah ada dalam daftar pertemanan kita padahal tidak kita tidak bisa
menjamin orang orang tersebut sebaik yang kita inginkan. (5)Pandangan yang
sebelumnya, “memanfaatkan” media tersebut, secara berlahan lahan akan berbalik
kita yang “dimanfaatkan” oleh media tersebut karena media tersebut kebanyakan
bergerak di dunia iklan. (6) Rawan pencurian data pribadi dengan adanya hacker.
(7) Situs jejaring sosial di internet membuat penggunanya memiliki dunia
sendiri, sehingga tidak sedikit dari mereka tidak peduli dengan orang lain dan
lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang telah kecanduan situs jejaring sosial
sering mengalami hal ini. Yang mengakibatkan dirinya tidak peduli dengan
lingkungan sekitarnya lagi. (8) Mereka yang seharusnya belajar sosialisai
dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di
dunia maya bersama teman teman di komunitas jejaring
sosialnya, yang rata-rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya
terjadi kurangnya sosialisasi dengan lingkungan. (9) Akses internet untuk
membuka situs jejaring sosial jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan siswa
(terlebih kalau akses dari warnet). Tidak jarang siswa menggunakan uang SPP
mereka untuk pergi ke warnet sekedar untuk membuka situs jejaring sosial saja.
Ini dapat dikategorikan sebagai pemborosan, karena menggunakan uang secara
tidak produktif. (10) Hal ini sudah jelas, karena dengan mengakses internet dan
membuka situs jejaring sosial siswa akan lupa waktu, sehingga yang dikerjakannya
hanyalah itu-itu saja. (11) Banyak karyawan perusahaan, dosen, mahasiswa yang
bermain situs jejaring sosial pada saat sedang bekerja. Mau diakui atau tidak
pasti mengurangi waktu kerja dan kinerja. (12) Berkurangnya perhatian terhadap
keluarga. (13) Dalam situs jejaring sosial kita bebas menuliskan apa saja,
sering kali tanpa sadar kita menuliskan hal yang seharusnya tidak disampaikan
ke lingkup sosial. (14) Tersebarnya data penting yang tidak semestinya. (15) Sebagaimana
situs jejaring sosial lainnya tentu ada saja yang memanfaatkan situs semacam
ini untuk kegiatan berbau pornografi. (16) Seperti media online lainnya, situs
jejaring sosial juga rentan dimanfaatkan untuk tujuan penipuan.
0 komentar:
Posting Komentar